Social Items

Apa Yang Dimaksud Dengan Tafsir Bil Ma Tsur

Penafsiran ayat-ayat al-Quran yang dibuat menggunakan penjelasan dari ayat al-Quran hadith-hadith rasul saw yang sahih dan riwayat para sahabat ranhumathar atau dengan sesuatu yang dikatakan oleh tabiin besar kerana mereka menerima perkara tersebut daripada sahabat Ibn Taymiyyah hal41 Walaubagaimanapun ada dikalangan ulama yang. Sedangkan tafsir bir rayi didefinisikan sebagai upaya menyingkap isi kandungan Al-Quran dengan.


Metode Penafsiran Al Qur An Berdasarkan Sumber Ppt Download

Yang dimaksudkan ialah bahwa sesuatu yang disebutkan secara ringkas disatu tempat diuraikan ditempat yang lain.

Apa yang dimaksud dengan tafsir bil ma tsur. Metode ini meng-haruskan mufasir menelusuri shahih tidaknya riwayat yang digunakannya. Salah satu kitab tafsir fenomenal yang menggunakan pendekatan bi al-matsur ialah kitab Jami al. Tafsir bil Masur ialah tafsir yang berpegang kepada riwayat yang Sahih yaitu menafsirkan al-Quran dengan al -Quran atau dengan sunnah karena ia berfungsi menjelaskan kitabullah atau dengan perkataan para Sahabat karena merekalah yang paling mengetahui kitabullah atau dengan apa yang dikatakan oleh tokoh-tokoh besar tabiin karena.

Al-Quran itu sebagaimana diketahui sebagian ayatnya merupakan tafsiran bagi sebagian yang lain. 2 Sejarah serta perkembangan tafsir bil matsur. Tafsir bil matsur.

Lantas muncul pertanyaan mendasar apakah yang disebut dengan tafsir bil matsur dan tafsir bir rayi. Dinamai dengan bil matsur dari kata atsar yang berarti sunnah hadits jejak peninggalan karena dalam melakukan penafsiran seorang mufasir menelusuri jejak atau peninggalan masa lalu dari generasi sebelumnya hingga kepada Nabi saw. Sedangkan tafsir bir rayi didefinisikan sebagai upaya menyingkap isi kandungan al-Quran dengan.

Tafsir bil matsur diartikan sebagai tafsir yang dilakukan dengan jalan riwayat yakni tafsir Al-Quran dengan Al-Quran hadits pendapat sahabat atau tabiin. Jadi yang dimaksud dengan tafsir bil-Matsur adalah keterangan atau penjelasan yang dimaksudkan dalam Al-Quran yang diambil dari beberapa ayat al-Quran itu. Sementara tafsir bir rayi dipahami sebagai tafsir yang bersumber dari ijtihad atau akal.

Al-Zarqani adalah orang yang pertama menyebutkan bahwa tafsir bi al-matsur adalah penafsiran al-Quran dengan al-Quran atau hadits atau pendapat shahabat atau tabiin. 8 Tafsir bi al-rayi berasal dari kata tafsir bi dan al-rayi. Menurut Ali al-Shabuni memformulasikan tafsir bi al-riwayah.

Bab 4. Ada beberapa macam cara atau metode dalam tafsir bil matsur yaitu. Adapun defenisi tafsir bi al-Masur menurut istilah adalah ibarat menafsirkan suatu ayat dari ayat-ayat al-Quran dengan al-Quran itu sendiri atau dengan hadis Nabi atau nukilan dari para sahabat dan tabiin4 karena tafsir bi al-Masur merupakan penafsiran al-Quran dengan al-Quran dan hanya Allah yang mengetahui maksudnya.

Tafsir bi al-Matsur adalah tafsir yang berdasarkan pada kutipan-kutipan yang shahih yaitu menafsirkan al-Quran dengan al-Quran al-Quran dengan. Tafsir al-Quran bi al-Mathur Definisi. Menurut mereka tafsir bil matsur adalah penafsiran al-Quran dengan al-Quran ayat dengan ayat penafsiran ayat dengan hadis Nabi saw.

Al Farmawi menjelaskan tafsir bil matsur disebut pula bi ar-riwayah dan an-naql adalah penafsiran Al-Quran yang mendasarkan pada. Ulama yang memahami bahwa tafsir bi al-matsur bukan penafsiran al-Quran dengan al-Quran. Sejalan dengan pengertian harfiah kata al-matsur dan lain-lain diatas ialah penafsiran al-Quran yang dilakukan dengan cara menafsirkan Al-Quran dengan Al-Quran menafsirkan ayat Al-Quran dengan al-Sunnah al-nabaiyyah dan atau menafsirkan ayat Al-Quran dengan kalam pendapat sahabat bahkan tabiin menurut sebgian ulama.

Pesan Moral dalam Alquran. Tafsir bil matsur adalah metode penafsiran dengan cara mengutipatau mengambil rujukan pada Al quran hadist Nabi kutipan sahabat serta tabiin. Melihat perkembangan tafsir bi al-ray yang demikian pesat maka tepatlah apa yang dikatakan manna al-Qaththan bahwa tafsir bi al-ray mengakahkan pekembangan al-matsur.

Al-tafsir bi al-matsur Al-Quran dengan Al-Quran Al-Quran dengan Sunnah tidak dapat diragukan lagi kebenarannya dan tidak diperselisihkan karena keduanya mempunyai kedudukan yang tinggi sedang penafsiran Al-quran dengan Sahabat atau tabiin masih ada beberapa kelemahan seperti yang telah Penulis uraikan pada Bab Pembahasan. Tafsir bi matsur disebut juga dengan tafsir bi naqli. Tafsir bil Matsur adalaah penafsiran yang berdasarkan ayat Al-Quran dengan ayat Ayat Al-Quran lainnya ayat Al-Quran dengan Hadits Nabi SAW ayat Al-Quran dengan perkataan sahabat.

Sementara Muhammad Husain al Dzahabi mendefinisikan tafsir bil Matsur dengan. Sedangkan sebelum al-Zarqani yang dimaksud tafsir bi al-matsur adalah kompilasi penafsiran nabi sahabat dan tabiin. Tafsir bil matsur berdasarkan riwayat-riwayat tersebut oleh karena itu tafsir bil matsur disebut juga dengan tafsir bi riwayat.

Al-Hasyr 597 dan al-Nahl 1644. Pada zaman ini tafsir bil matsur dilakukan dengan cara menukil penafsiran dari Rasulullah SAW atau dari sahabat oleh sahabatserta dari sahabat oleh tabiin dengan tata cara yang jelas periwayatannya cara seperti ini biasanya dilakukan secara lisan. Yang dimaksud dengan tafsir bil matsur atau taksir riwayat adalah taksir yang terbatas pada riwayat Rsdulullah SAW.

Tafsir bil Matsur. Jadi tafsir al-riwayah bi al-matsur yang juga dikenal dengan menafsirkan ayat Al-Qur a n dengan ayat Al-Qur a n lainnya atau ayat Al- Qur a n dengan as-Sunnah Nabawiyyah dan ayat Al-Qur a n dengan kalam pendapat sahabat dan Tabi in menurut sebagian ulama. Sesuatu yang bersumber dari nash al Quran yang berfungsi menjelaskan merinci terhadap sebagian ayat lainnya yang bersumber dari apa yang diriwayatkan dari Rasulullah SAW para sahabat dan para tabiin semua itu merupakan penjelasan terhadap nash nash al Quran sebagaimana yang dikehendaki Allah SWT.

Tabiin dikenal dengan istilah tafsir bil matsur. Tafsir ini tidak berdasarkan urutan ayat alquran sebagaimana dalam Mushaf tetapi lebih banyak berdasarkan pada pesan moral. Yang dirasa sulit dipahami oleh oleh para sahabat penafsiran ayat dengan hasil ijtihad para sahabat atau dengan penafsiran para tabiin.

Kitab Tafsir yang ditulis oleh Jalaluddin Rakhmat adalah Tafsir Bil Matsur. Dan dari sahabat atau murid-murid mereka dan kalangan tabiin dan dapat juga dari tabiin-tabiin. Sebagian besar literatur ilmu tafsir kontemporer mengidentifikasi tafsir bil matsur sebagai penafsiran al-Quran dengan al-Quran hadis ucapan sahabat dan tabiin.

Umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan. Tafsir bil matsur diartikan sebagai tafsir yang dilakukan dengan jalan riwayat yakni tafsir al-Quran dengan al-Quran hadits pendapat sahabat atau tabiin. Tafsir bil matsur berkembang hingga penghujung generasi tabiin yaitu sekitar tahun 150 H2 1Lihat QS.

Menurut Kang Jalal tafsir yang paling baik adalah menafsirkan Alquran dengan. Dikatakan bil matsur karena tafsir jenis ini mendasari dirinya kepada atsar-atsar atau riwayat-riwayat baik dari Nabi sahabat maupun tabiin. Dinamai dengan nama ini dari kata atsar yang berarti sunnah hadist jejak peninggalan karena dalam melakukan penafsiran seorang mufassir menelusuri jejak atau peninggalan masa lalu dari generasi sebelumnya terus sampai kepada Nabi SAW.

Tafsir Al-Quran dengan Al-Quran. Suatu ketentuan yang. Jadi tafsir bi al-matsur adalah penafsiran ayat al-Quran oleh mufasir dengan mengandalkan ayat al-Quran lain hadis Nabi pendapat sahabat dan tabiin.


Pdf 2019 Implementation Of Text Mining Classification As A Model In The Conclusion Of Tafsir Bil Ma Tsur And Bil Ra Yi Contents


2


Show comments
Hide comments

Tidak ada komentar