Yusuf A 11530067 Ali Mustajab 11530069 JURUSAN TAFSIR HADITS FAKULTAS USHULUDDIN STUDI AGAMA DAN PEMIKIRAN ISLAM UNIVERSITAS NEGERI SUNAN. MAKALAH TAFSIR BI AL-MATSUR DAN TAFSIR BI AL-RAYI Disusun Guna Memenuhi Tugas Matakuliah Ulumul Quran III Dosen Pengampu.
20140306100342 Modul Unit 1 5 1
Penulis buku ini iaitu Professor Madya Dr Mustaffa bin Abdullah merupakan professor madya di Jabatan al-Quran dan al-Hadith Akademi.
Kesimpulan tafsir bil mathsur. Method tafsir bil matsur ini adalah menafsirkan ayat al-quran itu terus dengan pemahaman daripada Rasullullah saw para sahabat dan seterusnya oleh para tabi tabi tabiin dan sehingga lah sekarang ini yang dikutip melalui kutip-kutipan yang shahih menurut. Dalam kategori ini yang dimaksudkan dengan tafsir bil rayi adalah perbuatan mentafsirkan Al-Quran dengan menggunakan ijtihad. Sehingga ada beberapa penafsirannya yang dianggap menyimpang oleh Husein al-Dzahabî.
The second type is al-Tafsir bi al-Ray which is exegesis based on independent opinion. Hal tersebut terlihat dalam penafsiran yaitu dalam QSAl-Baqarah30. KELLEBIHAN TAFSIR BIL MATHUR 1.
Sebelumnya tafsir al-Quran merupakan bagian dari bab hadis. Tafsir bil matsur adalah tafsir yang harus diikuti dan dipedomani karena berdasar pada yang shahih seperti Al quran dan Hadits nabi maka bisa digunakan agar tidak tergelincir dalam kesesatan pengetahuan dalam memahami kitab Allah. Agar dapat lebih dipahami kami hadirkan contoh penafsirannya.
Muhammad Chirzin Disusun Oleh. Kitab Tafsir tersebut terdiri dari 6 Jilid. Sedangkan tafsir bil rayi mufassir hanya berpegang pada pemahamannya sendiri dan didasarkan logika semata.
Kami akan mengutip tafsir Thabari surat al-Falaq ayat pertama. Oleh karena itu Tafsir bi al-Mathur tetap memerlukan penelitian lebih lanjut sehingga bisa di ketahui kualitas. Dalam kitab tafsir ini Ibnu Khathir menggunakan hadith dan riwayat ilmu jarh wa tadil.
Muhammad Abdul Ghofir 11530071 M. Tafsir bir rayi didefinisikan sebagai upaya menyingkap isi kandungan al-Quran dengan ijtihad yang dilakukan dengan mengapresiasi eksistensi akal. Akan tetapi hal tersebut harus didukung dengan sanad yang sahih sampai kepada Rasulullah atau kepada sahabat.
Tafsir Ad-Dur Mantsur fi Tafsir bil Matsur atau yang l e bih dike n al Tafsir Imam Suyuthi. B Tafsir Sufyan bin Said al-Thawri 161H c Tafsir Sufyan bin Uyahnah 198H d Tafsir Abd al. Al-Khâzin menaruh perhatian cukup besar banyak terhadap kisah-kisah isrâiliyyât.
Penulisan ini berlaku pada zaman Atba al-Tabiin iaitu pada kurun ke-2 dan ke-3 hijrah. Menurut al-Zarkasyi istilah tafsir bi al-matsur merupakan gabungan dari tiga kata yaitu itafsir bi dan al-matsur. Tafsir bi al-Mathur adalah macam tafsir yang paling baik.
Sehingga jelas kedudukannya antara tafsir bil mathurriwayah dengan tafsir bil-rayidirayah. Bab 4. Adapun kesimpulan hasil penelitiannya adalah penafsiran sahabat yang berkaitan dengan asbab nuzul ayat dan berita tentang perkara gaib termasuk dalam kategori tafsir bil-matsurriwayah.
Tafsir Bil Matsur Tafsir bil Matsur merupakan salah satu method yang digunakan dalam menafsirkan ayat-ayat al- Quran. Penafsiran ayat-ayat al-Quran yang dibuat menggunakan penjelasan dari ayat al-Quran hadith-hadith rasul saw yang sahih dan riwayat para sahabat ranhumathar atau dengan sesuatu yang dikatakan oleh tabiin besar kerana mereka menerima perkara tersebut daripada sahabat Ibn Taymiyyah hal41 Walaubagaimanapun ada dikalangan ulama yang. Tafsir bil al-Rayi yaitu tafsir melalui pemikiran atau ijtihad seperti yang dikemukakan oleh beberapa mufassir.
Menurut al-Dzahabi tafsir bil al-Rayi adalah suatu upaya untuk menafsirkan dengan ijtihad setelah memahami ujaran-ujaran orang Arab lafal-lafal orang Arab beserta maksudnya syair-syair Jahiliyah Asababun nuzul nasakh dan mansukh dari ayat-ayat Alquran dan sebagainya. 21 Pada tahun 754 H muncul tafsir Bahrul Muhît karya Ibn Abû Hayyân al-Andalusî. Kitab Tafsir al-Quran al-Azim atau lebih dikenali sebagai Tafsir Ibnu Kathir terkenal dengan menggunakan pendekatan tafsir bil mathur.
Tafsir Corak Al-Adabi Al-Ijtimai. Dari berbagal ulasan komentar analisis baik dari banyak ahli maupun dari nash sendiri dapat diberi kesimpulan bahwa tafsir bil matsur pada hakekatnya merupakan tafsir Alquran dengan Alquran sendiri atau dengan Sunah Nabi atau dengan perkataan sahabat atau dengan tabiin. Tafsir itu ada empat macam.
Dalam kitab tafsirnya yang terdiri delapan jilid ia banyak. Tafsir bil matsur diartikan sebagai tafsir yang dilakukan dengan jalan riwayat yakni tafsir al-Quran dengan al-Quran hadits pendapat sahabat atau tabiin. Tafsir bil masur adalah tafsir yang bersumber dari nukilan-nukilan yang shahih dengan urutan yaitu tafsir al-Quran dngan al-Quran al-Quran dengan Sunnah perkataan sahabat karena mereka yang paling mengetahui Kitabullah dan pendapat tokoh-tokoh besar tabiin.
Sumber-sumber penafsiran dalam tafsir tersebut adalah bil matsûr. Tafsir bi mathur terutama dalam bentuk tafsir al-Quran dengan Al-Quran dan tafsir Al-Quran dengan sunnah Nabawiyah menurut para mufassir adalah merupakan tafsir yang paling berkualiti dan paling tinggi nilainya2. Metode Tafsir bil Rayi Penafsiran Al-Quran Menggunakan Rasio Akal Tafsir Tematik Metode dan Keistimewaanya.
Iaitu tafsir al-quran dengan ijtihad setelah mufassir individu yang mentafsir mengetahui bahasa arab mengetahui lafaz-lafaz arab serta wajh al-dilalahnya mengetahui asbab al-nuzul sebab-sebab penurunan ayat nasikh dan mansukh dan seumpamanya. Contoh Tafsir bi al-Matsur. Beliau melakukan perbandingan pelbagai pendapat lalu memilih pendapat yang kuat dan sahih.
Tafsir yang yang dapat diketahui oleh orang arab melalui bahasa mereka tafsir. Terhadap tafsir bi al-rayi sebenarnya para ulama berbeda pendapat ada yang membolehkan. Pada peringkat ini tafsir bil Mathur ditulis secara berasingan dari hadith.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tafsir bi al-rayi adalah upaya menjelaskan makna ayat al-Quran dengan menggunkan kemampuan akal pikiran namun tetap dalam batasan yang tidak melenceng dari sharīah Islam dan syarat-syarat yang telah ditentukan oleh para ulama. Tafsir bil-Matsur ialah tafsir yang berdasarkan Al-Quran atau riwayat yang shahih yaitu menafsirkan Al-Quran dengan Al-Quran ayat dengan ayat Al-Quran dengan Sunnah perkataan sahabat karena merekalah yang mengetahui Kitabullah atau dengan pendapat tokoh-tokoh besar tabiin. Jabatan Al-Quran dan al-hadith Akademi Pengajian Islam Universiti Malaya.
Ketika dalam menafsirkan ayat tersebut Imam Suyuthi. 2 Lisan al-Arab jilid 1 hal. Pada umumnya mereka menerimanya dari para sahabat.
The clash of classical Muslim scholars over the definition and understanding of. 51-56 Nurzatil Ismah Binti AzizanKUIS 51 USUL TAFSIR oleh Mustaffa Abdullah. Secara leksikal tafsir berarti mengungkap atau menyingkapKata bi berarti dengan sedangkan al-matsur berarti ungkapan yang dinukil oleh khalaf dari salafDengan demikian secara etimologis tafsir bi al-matsur berarti menyingkap isi kandungan al-Quran dengan.
Tafsir Bil Matsur telah ada sejak zaman sahabat. Tafsir al-Durr al-Manthur fi Tafsir bil Mathur Al-Sayuti menulis tiga karya berhubung Tafsir bil Mathur aMajma al-Bahrayn wa Matla al-Badrayn dan merupakan satu kitab tafsir yang besar kerana beliau menjadikan kitab al-Itqan sebagai pengantar kepada tafsir ini sekiranya pengantar sudah banyak maka bagaimana tafsiran yang sebenarMalangnya kitab ini tidak sampai kepada kita dan kita. Menurut Thabari berdasarkan riwayat yang ia dapat para ulama berbeda pendapat dalam mengartikan kata al-Falaq.
Karena dalam penafsirannya berlandaskan dengan al-Quran sunnah dan perkataan sahabat. Penelitian ini menggunakan metode perpustakaan dan dilakukan secara pendekatan kualitatif. Dalam hal ini Ibnu Katsir mengatakan bila ada orang yang bertanya tentang penafsiran yang paling baik maka jawabannya adalah menafsirkan Al.
Contoh-contoh penerapannya banyak terdapat dalam kitab-kitab tafsir terutama yang memaki metode tafsir bil. Antara tafsir yang dibukukan pada tempoh ini ialah. The focus of this study consists of the concepts of al-Tafsir bi al-Mathur its various definitions the reasons for these variations and their implications.
Catatan Kaki 1 Departemen agama Al-Quran dan terjemahannya. Tafsir al-Quran bi al-Mathur Definisi. 3Muhammad Muhammad Muhammad Qasim Dirasat fi al-Manahij al-Mufassirin.
Kitab Tafsir Al-Dur Al-Manstur Fi Tafsir bil Matsur karya Imam Jalaluddin As-Suyuthi merupakan salah satu karya tafsir bi matsur. Diriwayatkan oleh ibnu Abbas ia berkata. A Sahifah Ali bin Abi Talhah 143H yang mencatat riwayat Ibn Abbas.
Al-Tafsir bi al-Mathur is one of the two major types of tafsir. Kitab ini sering memberi amaran ke atas riwayat-riwayat yang terbabit.
Kita Mampu Melihat Bahawa Metod Yang Digunakan Adalah Maudhui Pada Bahagian Isi Course Hero
Tidak ada komentar